Liburan di Goa Agung Garungganga Sentul Bogor

Villa Seliya - Sentul menjadi lirikan baru wisata di wilayah Bogor. Selain terkenal dengan sirkuit arena balap, Air Terjun Bidadari, Air Terjun Leuwi Hejo dan beberapa wisata alam lainnya, ada sebuah goa tersembunyi yang sangat jauh dari keramaian dan belum banyak diketahui oleh orang banyak.

Jalan masuk dan hanya bisa dilalui sepeda motor dengan medan trek yang sudah dipaving,  melewati rumah-rumah penduduk sekitar dengan sajian panorama alam bukit-bukit, pematang sawah dan barisan pepohonan yang berjarak kurang lebih 3 km.

Kurang Lebih 1,5 jam trekking ke lokasi goa yang tersembunyi di balik bukit dengan panorama hamparan barisan bebatuan yang bentuknya sangat berbeda dengan batu-batu pada umumnya. Hamparan barisan bebatuan tersebut berdiri kokoh di atas tanah dan layaknya sebuah taman labirin karena banyaknya celah yang bisa di masuki.

Sekitar areal goa sambil nampak hamparan barisan bebatuan di bawah rimbunnya sebuah pohon yang tumbuh di antara barisan bebatuan.

Di lokasi ini terdapat Batu Gantung dan sebuah kolam pemandian yang terbentuk secara alami. Hanya saja waktu kami berkunjung ke sini, areal Batu Gantung .

Untuk memasuki goa ini, kami harus turun ke bawah layaknya menuruni sumur timba meskipun jarak turun tidak terlalu dalam, sebab goa-goa tersebut berada di dalam tanah lalu harus membungkukkan tubuh untuk masuk ke dalamnya, sementara di dalam goa terdapat stalagnit-stalagnit yang menggantung yang disertai alunan gemericik aliran air yang mengalir.

Bentuk langit-langit goa yang bentuknya seperti kubah masjid dengan penerangan senter dan tampak kelelawar-kelelawar yang sedang menggantung. Untuk menjelajahi gua kita harus dihadapi dengan spot yang harus tiarap untuk menyusuri dalam goa dengan jarak 50 meter di antara celah sempit yang hanya bisa dilalui dengan satu orang yang berbadan ramping dan harus berbaris ke belakang.

Akses Ke  Goa Agung Garungganga Sentul Bogor

Jika kita dari Jakarta menggunakan mobil masuk tol jurusan Bogor lalu keluar di pintu tol Sentul, arahkan mobil anda ke arah Sirkuit Sentul lalu belok kanan lurus terus sampai ketemu pertigaan Gedung SCC, anda belok kiri lurus terus ikutin jalan sampai ketemu Gerbang Depan Jungle Land. Dari Gerbang Jungle Land, anda lurus terus naik menanjak ke wilayah Karang Tengah 2, sampai ketemu pertigaan, kalau ke kanan ke arah Pemandian Air Panas Gunung Pancar, anda belok kiri lurus terus. Perhatikan di sebelah kiri jalan terdapat sebuah banner besar yang menjadi petunjuk ke lokasi goa.

Jika kita menggunakan mobil, parkirkan mobil anda di pinggir jalan utama (rumah warga setempat), lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 6 km (2 jam trekking, tergantung jalan), jika anda menggunakan motor, masukan motor anda dari gerbang pintu masuk dan parkirkan kendaraan anda di rumah Pak pengurus warga (RT/RW) lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 2 km (1,5 jam trekking, tergantung jalan), untuk menuju ke Goa Agung Gundarang situasi jalan sangat bagus dan bisa dilalui dengan mobil. Di lokasi belum ada tiket masuk (gratis), jika ingin menggunakan jasa pemandu yang merupakan warga setempat kasih seikhlasnya, dan untuk parkiran motor atau mobil kasih seikhlasnya.